Memiliki truk merupakan suatu hal yang penting jika Anda seorang pebisnis atau pedagang. Pasalnya, kendaraan ini sangat membantu mobilitas usaha Anda agar produk atau dagangan bisa sampai ke konsumen. Terlebih, sekarang ini sudah banyak penawaran kredit truk yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha.


Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli truk, ada baiknya kenali dulu yuk jenis-jenisnya!

Pengertian CBM dan Sumbu Truk

Sama halnya dengan motor dan mobil, truk pun memiliki jenis yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Jenis truk ini bisa dibedakan berdasarkan jumlah sumbu truk, jumlah roda, ukuran maksimal, dan kapasitas muatan atau kubikasi. Sebelum mengetahui jenis-jenis truk, kenali dulu informasi umum mengenai truk seperti CBM dan sumbu truk.

      CBM adalah penyebutan untuk satuan dari kubikasi. Kubikasi sendiri merupakan volume ukuran benda dengan ukuran masing-masing sisi berbeda atau sama (panjang x lebar x tinggi). Contohnya: lemari seberat 20 kg dengan panjang 1,5 meter x lebar 1 meter x tinggi 2 meter. Maka dihitung 150 x 100 x 200 cm / 1.000.000 = 3 CBM.

      Sumbu Truk dalam dunia truk memiliki fungsi sebagai tempat roda terpasang. Pada truk, jumlah sumbu tidak hanya ada dua, semakin banyak jumlah sumbu, maka semakin banyak roda terpasang.

 

Berikut jenis-jenis truk yang bisa membantu mobilitas Anda sebagai pengusaha.

  1. Truk Pick Up

Jenis pertama ada truk pick up yang termasuk ke dalam jenis truk yang paling kecil dengan rata-rata volume kapasitas sekitar 1,5 ton, sedangkan untuk pick up bak volume maksimal 6 CBM. Truk ini memiliki dua sumbu truk dengan jumlah empat roda. Bentuk kendaraan ini adalah kabin yang tertutup serta bak terbuka dibagian belakang untuk menaruh barang bawaan atau kargo. Truk jenis pickup sering ditemui di jalan-jalan umum, biasanya digunakan untuk membantu mobilitas pemindahan barang dalam jarak dekat atau pengantaran paket/barang kecil.

 

  1. Truk Colt Diesel Engkel

Jenis truk ini memiliki spesifikasi sumbu truk yang sama dengan truk pick up, sama-sama memiliki jumlah dua sumbu truk dan empat roda. Bedanya, truk jenis Colt Diesel Engkel (CDE) memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pick up. Rata-rata, truk CDE yang tertutup bisa membawa muatan hingga 2 ton dan memiliki kubikasi 6 CBM, sedangkan untuk truk CDE yang bak terbuka mampu memuat volume kubikasi hingga 12 CBM dan muatan hingga 5 ton. Truk ini bisa membantu Anda untuk membawa barang banyak dan berat.

  1. Truk Colt Diesel Double

Jenis truk Colt Diesel Double (CDD) berada satu tingkat di atas truk CDE. Meski terlihat sama, tapi jenis truk ini ukurannya lebih besar dan mampu menampung muatan dengan berat maksimal 6 ton dan volume muatan hingga 12 CBM. Tak hanya itu, meski jumlah sumbu truk ada dua, tetapi roda belakang truk menopang dua roda sehingga total roda truk CDE sebanyak 6 roda. Truk ini mampu membawa muatan yang lebih besar, bisa dimodifikasi juga menjadi truk CDD long, sehingga 1 truk CDD ini mampu membawa barang dengan volume muatan maksimal 30 CBM.

Itulah beberapa jenis truk yang bisa Anda miliki dan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!