Ada anggapan yang mengatakan bahwa bumil tak boleh makan atau minum sebelum mereka memasuki ruang persalinan. Akan tetapi, kalau Anda mendiskusikannya dengan dokter kandungan terbaik Jakarta, hal tersebut akan dibantah karena bumil masih diizinkan makan atau minum sebelum melahirkan.

 


Memang ada sejumlah kondisi yang membuat bumil dilarang mengonsumsi sesuatu menjelang kelahiran sang buah hati. Misalnya saat mereka hendak menjalani operasi caesar, sebab mereka akan diberikan bius khusus. Dengan begitu, risiko seperti pneumonia aspirasi (terhirupnya makanan dan minuman ke paru-paru akibat pembiusan) dapat dihindari.

 

Makanan yang disarankan menjelang persalinan

 

Meski dokter kandungan mengizinkan bumil menyantap makanan sebelum bersalin, mereka tetap dianjurkan untuk mencari sumber makanan yang menyehatkan. Apalagi bumil membutuhkan asupan energi untuk melancarkan proses melahirkan. Pasalnya, tubuh yang kekurangan tenaga dan cairan akan membuat bumil cepat lemas hingga mengalami dehidrasi.

Lalu, makanan apa saja yang dinilai aman dikonsumsi sebelum persalinan berlangsung?

 

  • Roti dan kentang

Karbohidrat adalah sumber energi utama yang harus ada dalam menu. Jika Anda bosan atau tak berselera makan nasi, ganti dengan kentang dan roti. Untuk kentang, sebaiknya konsumsi mashed potato untuk menekan risiko mual-mual. Begitu pula dengan roti, pilihlah roti tawar berbahan gandum utuh yang diolesi selai untuk mengisi energi.

  • Buah-buahan

Buah-buahan bukan hanya mampu menyediakan karbohidrat, melainkan juga vitamin, mineral, hingga cairan yanh dibutuhkan tubuh. Namun, Anda harus hati-hati saat memilih jenis buah yang hendak disantap, sebab tak semuanya aman untuk bumil. Beberapa buah yang direkomendasikan adalah apel, alpukat, dan pisang.

  • Yoghurt

Sudah tak sanggup mengonsumsi makanan berat? Anda bisa menggantinya dengan yoghurt yang kaya akan karbohidrat. Selain itu, yoghurt terbilang praktis karena dikemas dalam cup kecil yang bisa dibawa ke mana-mana. Anda yang kurang menyukai yoghurt polos bisa menambahkannya dengan potongan kacang atau buah segar.

  • Sup

Untuk memastikan tubuh Anda menerima cairan yang cukup, masukkan sup bening ke dalam menu. Kaldu yang digunakan untuk membuat kuah sup juga kaya akan nutrisi yang didapatkan dari daging ayam dan sapi. Selain itu, rasa gurihnya akan membuat komponen lain seperti kentang dan sayur tak terasa hambar, sehingga terasa nikmat saat disantap.

  • Biskuit

Saat mual menyulitkan Anda mengonsumsi sesuatu, tubuh akan kekurangan sumber energi dan cairan. Bumil dapat mencegah hal tersebut dengan makan camilan seperti biskuit. Pastikan juga Anda memilih biskuit plain, sebab biskuit yang terlalu banyak mengandung krim atau garam akan memicu rasa mual berlebih hingga hipertensi.

 

Dalam hal ini, dokter kandungan biasanya akan merekomendasikan makanan sehat dan terbaik lainnya yang dinilai mampu melancarkan proses persalinan Anda.