Lutut terdiri dari beberapa susunan sendi dan tulang untuk memudahkan pergerakan pada kaki. Terkadang tanpa disengaja kamu mengalami nyeri pada lutut yang menyebabkan kamu tidak bisa berjalan dengan baik. Ada pengobatan lutut di rumah yang bisa dilakukan sebelum kamu menyambangi rumah sakit untuk melakukan operasi lutut Jakarta. Sebenarnya, untuk melakukan perawatan pada lutut yang sakit harus ditangani dengan hati-hati dan tidak bisa sembarangan. Jika lutut yang sakit sudah termasuk parah, maka melakukan perawatan medis adalah jalan yang harus ditempuh. Namun, jika lutut yang sakit masih tergolong ringan dan tidak berbahaya, maka kamu bisa melakukan perawatan di rumah. Kira-kira bagaimana penanganan pada lutut yang sakit di rumah?


1.    Kompres dengan bantalan kompres

Biasanya, ketika sedang sakit punggung, kompres dengan bantalan kompres dingin ataupun panas merupakan cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Cara ini juga bisa dilakukan dengan lutut yang sakit. Kamu bisa coba kompres dengan bantalan panas untuk melemaskan otot sendi pada lutut atau menggunakan kompres dingin yang bisa meredakan pembengkakan, peradangan, serta rasa nyeri. Kamu bisa gunakan kedua kompres ini secara bergantian.

2.    Menggunakan bahan alami

Cara mengobati lutut yang sakit salah satunya adalah menggunakan bahan alami. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Pakistan Journal of Biological Science menemukan bahwa salep yang menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu manis, jahe, minyak wijen, dan damar wangi memiliki efek yang pengobatan yang tidak jauh beda dengan salep yang dijual secara bebas. Kamu bisa coba membuat olesan dari jahe atau akar jahe sebagai bahan dasar untuk membuat ramuan alami. Menurut New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa kandungan alami jahe yang dipadukan dengan mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter dapat mengurangi rasa sakit pada lutut. Selain menggunakan jahe, kamu bisa coba menggunakan minyak esensial yang berbahan dasar jahe atau jeruk sebagai minyak dasar untuk pijat yang berguna membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi lutut.

3.    Lakukan pijatan ringan

Jika lutut dalam keadaan sakit, ternyata sedikit pijatan ringan dinilai bsa membantu meurunkan tingkat kesakitannya. Kamu bisa mencoba langkah-langkah pijatan pada lutut yang di rekomendasikan oleh American Massage Therapy Association (AMTA), yaitu :


  • Posisi kamu harus dalam keadaan duduk sembari meluruskan kedua lutut dan kaki.
  • Lalu, kepalkan kedua tangan, kemudian ketuk perlahan bagian paha atas, bawah, dan tengah, lalu ulangi hal ini sebanyak 4 kali.
  • Gunakan empat jari (kecuali ibu jari) untuk menepuk lutut secara perlahan ke atas dan bawah. Ulangi sebanyak 5-8 kali ke seluruh bagian lutut.
  • Letakkan telapak tangan di atas paha, lalu pijat bagian paha, lutut lalu Kembali ke paha secara perlahan namun diberikan sedikit tekanan.

4.    Minum obat Pereda nyeri

Selain melakukan berbagai hal di atas, untuk membantu meredakan rasa nyeri pada lutut, kamu bisa mengonsumsi obat. Konsumi obat pereda rasa nyeri apabila lutut sudah mulai terasa sakit. Ada obat yang dijual bebas, ada juga obat yang harus menggunakan resep dari dokter. Kamu bisa membeli aspirin, paracetamol, dan ibuprofen di apotek. Namun, jika sudah mencoba mengonsumsi obat ini namun rasa nyeri pada lutut belum kunjung membaik, kamu bisa langsung ke dokter untuk memeriksakan kondisi lutut

5.    Istirahatkan lutut

Jika kamu sudah melakukan nomor 1-4, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah istirahat yang cukup guna mempercepat proses penyembuhan seluruh jaringan di lutut dan sekitarnya. Eits, bukan berarti di sini kamu berhenti dari kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan loh! Di sini maksudnya kamu harus mengurangi aktifitas yang berat untuk sementara waktu sampai lutut pulih kembali.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu atau mungkin keluarga bahkan teman yang sedang mengalami cidera lutut ringan.