Pentingnya Mulai Investasi Kecil Kecilan Sejak Dini

Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan tetapi tidak tahu harus berbuat apa? Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan melakukan investasi kecil-kecilan. Investasi ini hanya membutuhkan modal yang relatif rendah dengan risiko minimal dan cocok untuk pemula.


Banyak orang yang percaya bahwa investasi membutuhkan modal yang besar, sehingga banyak orang yang menentang investasi tersebut. Padahal, berinvestasi sangat penting, terutama bagi kaum muda yang ingin bebas secara finansial.

Mengapa Investasi Itu Penting?

  1. Meningkatkan Nilai Uang

Banyak orang lebih suka menabung daripada berinvestasi. Memang, dibandingkan dengan tabungan, investasi jauh lebih menguntungkan. Saat Anda menabung, tabungan Anda akan terkuras oleh biaya administrasi. Sedangkan jika Anda berinvestasi, jumlah yang Anda tumbuhkan akan terus bertambah.

  1. Mendapatkan Passive Income

Tujuan investor adalah untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, meskipun investasinya kecil di saham. Anda dapat menyesuaikan nama sendiri sesuai dengan kemampuan Anda. Semakin Anda memahami tentang investasi, Anda akan semakin tertarik untuk menginvestasikan uang dalam jumlah besar.

  1. Mempersiapkan Masa Depan

Tidak ada salahnya mempersiapkan masa depan dari sekarang. Karena lama kelamaan kamu akan melalui masa dimana kamu sudah tidak produktif lagi. Dengan mulai berinvestasi di usia muda, Anda akan menikmati kemudahan di masa depan.

  1. Memiliki Kebebasan Finansial

Tempat ini mungkin merupakan impian hampir semua orang. Namun tentu saja tidak mudah untuk mencapainya. Apalagi jika hanya mengandalkan satu penghasilan. Salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan menumbuhkan dana melalui platform investasi yang ada.

Tips Investasi

  1. Mengumpulkan uang secara rutin setiap hari

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum berinvestasi adalah mengumpulkan dana. Jika Anda merasa sulit untuk segera menyisihkan sebagian dari penghasilan atau gaji bulanan Anda, mulailah dengan yang paling sederhana, menabung sedikit uang setiap hari secara rutin. Setelah beberapa saat dan jumlahnya tampaknya cukup untuk jumlah investasi minimum, Anda dapat menggunakannya untuk berinvestasi.

Ada cara yang bisa membantu Anda disiplin dalam mengumpulkan uang. Anda bisa menyiapkan toples yang perlu diisi Rp 2.000, Rp 5.000 atau Rp 10.000 per hari. Mungkin terlihat seperti jumlah yang kecil, tetapi untuk satu atau dua bulan, seharusnya cukup untuk beberapa jenis investasi modal kecil yang banyak ditawarkan saat ini.

  1. Mencoba berinvestasi reksadana

Ada beberapa bentuk investasi modal kecil yang tersedia seperti tabungan emas, membeli sukuk dan reksa dana. Jika dana investasi Anda sangat kecil, reksa dana mungkin bisa menjadi pilihan investasi yang paling cocok.

Investasi ini sangat memudahkan Anda dalam hal permodalan dan prosedur. Reksa dana menggunakan mekanisme penghimpunan modal dari banyak investor sekaligus, yang kemudian digunakan untuk membeli saham atau obligasi. Semua ini dilakukan oleh manajer investasi yang berpengalaman.

Inilah sebabnya mengapa Anda dapat berinvestasi dalam reksa dana yang sangat kecil. Ini karena dana Anda akan digabungkan dengan dana orang lain untuk menghasilkan cukup uang untuk membeli saham atau obligasi.

Bentuk investasi reksa dana saat ini sangat populer dan disukai banyak orang karena kemudahannya. Beberapa manajer investasi reksa dana bahkan mengizinkan Anda untuk berinvestasi mulai dari Rp 10.000. Selain kemudahan mengumpulkan modal secara online setiap saat, reksa dana memang sangat menarik untuk investasi modal kecil.

  1. Ambil investasi emas saat dana mulai mencukupi

Ketika Anda memiliki cukup uang dari hasil tabungan Anda untuk diinvestasikan, Anda bisa mulai mencoba investasi emas. Emas digandrungi banyak orang karena tidak rumit dan dianggap aman karena harga emas hampir selalu naik.

Meskipun keuntungannya umumnya tidak sebesar jenis investasi lainnya, risikonya minimal dan cocok untuk mereka yang memiliki modal terbatas. Tentu saja, Anda tidak ingin uang Anda hangus sedikit karena Anda berinvestasi pada hal-hal yang berisiko tinggi, bukan? Bagi Anda yang ingin berinvestasi modal kecil dengan nominal yang sangat kecil, Anda bisa mencoba produk investasi emas secara online.

Bagi Anda yang ingin berkontribusi dalam pengembangan UKM di Indonesia, pinjaman Peer to Peer Lending adalah pilihan yang tepat. Sebagai platform pengembangan dana dengan bunga hingga 16% per tahun, Anda dapat memulainya hanya dengan Rp 100.000.

Deskripsi : investasi kecil-kecilan penting dengan banyaknya manfaat karena meskipun kecil nantinya akan memberikan hasil yang tetap menguntungkan.

Post a Comment

0 Comments